Ayam Phama, Birma, Bhama Adalah Satu Jenis Ayam Yang Sama, Kecuali...

Majalah Ayam - Ada seseorang penggemar ayam bertanya tentang bedanya Phama dengan Birma itu ataukah jenis  sama?. Dan ada juga beberapa orang di daerah katanya tidak sama dan juga mengingat jenis birma juga beragam.

Asal muasal Ayam Burma berasal dari negara Miyanmar (Burma). Ayam Burma termasuk kategori dalam ayam teknik dengann tipe penyarang yang lumayan handal, gerakan anti lock, pukul sasaran tepat terutama dikepala, pukul atret mundur dan cepat, pukulan rata-rata adalah jalu, seakan mempunyai semangat tinggi dan nyali pantang menyerah. Akan tetapi tetap mempunyai beberapa kelemahan seperti tulangan tipis (tidak tahan pukul), saat bertarung sayap mudah turun, kurang tahan terhadap pukulan badan.

Sebelum lebih jauh ada beberapa ciri khas dan karakter yang terdapat pada ayam birma seperti:
1. Ayam burma ini memiliki teknik yang cepat dalam penyerangan dan biasanya dia menyerang dari arah depan, serta memiliki kemampuan untuk melepaskan diri atau lepas lock dari lawannya dengan gesit.
2. Untuk posturnya sendiri ayam birma ini tidak jauh beda dengan ayam kampung biasa dan mempunyai berat 2,8-3kg.
3. Jari kaki yang kecil dan panjang
4. Tulangan ayam ini relative kecil dan agak tipis (ayam birma ori)
5. Jenis bulu yang di miliki ayam ini adalah cenderung menjauhi warna ayam Thailand. Ayam Thailand memiliki warna dominan seperti Kuning Merah, Merah Hitam, atau pun hitam dan lainnya. Sementara ayam ini lebih kepada warna warna campuran dari merah, abu-abu, wido serta menjauhi warna primer ayam Thailand ( bangkok )
6. Gaya bertarung pranggal (pukulan tanpa mematuk), kemampuan menghindar dari lawan kadang ngolong, lari memutar, biasa main jaga jarak, jika lawan datangnya tanggung / ragu-ragu akan dengan mudah disikat oleh ayam ini. Namun dengan tulangan yang kecil membuat ayam ini tidak terlalu kuat jika sering kena pukulan keras terutama pada bagian badan atau punggung, jadi tidak menutup kemungkinan ketika tarung dalam durasi yang lama tidak menutup kemungkinan ayam ini akan lari gak kuat di pukuli.

Perbedaan Ayam Jenis Phama, Birma Dan Bhama 

Dilansir dari postingan "Ndan Jalon",Tentang sebutan Phama dan Birma."Phama" atau "Bhama" adalah lafal/pronunciation orang Thai untuk menyebut kata "Birma"/"Burma".
Logat orang Thailand tidak bisa mengucapkan kata "Birma"/"Burma" dengan sempurna. Jika mereka menyebut itu, akan terdengar seperti "Bhama" atau "Phama".

Seperti orang Thai yang tidak mampu menyebut kata"Hotel" dengan sempurna dan akan terdengar seperti"Hoten" atau "Hoteo".Apakah seperti ini artinya berbeda antara "Hotel" dan "Hoten"/"Hoteo" ?Hal seperti ini selayaknya tidak kita perdebatkan karena hanya masalah pronunciation/pengucapan.Yang lebih parah lagi, jika ada yang membuat hal seperti ini baik sengaja maupun tidak menjadi sebuah komoditi. Bagaimanapun juga, komoditi yang berdasarkan atas asumsi yang salah, tidak akan bertahan lama.Jadi "Phama" atau "Bhama" atau "Birma" atau"Burma" adalah sesuatu yang sama.

Akan tetapi dilansir dari halaman Papaji salut yang dilansir dari forum PAPAJI, ayam Pama merupakan trend ayam aduan sekarang ini telah mengalami suatu perubahan kemajuan yang sangat besar. Dimana berhasil diciptakan ayam aduan dari berbagai jenis genetika yang benar-benar hebat & tangguh. Adalah ayam dari genetik Burma mix Bangkok atau yang lebih dikenal dengan Pama, sekarang di negeri Siam telah terbukti menjadi yang terbaik.

Dari gen inilah telah banyak di lakukan perkawinan silang (crossbreeding) dengan gen ayam Thai, Saigon / ganoi, Pakhoe, Brazilian, yang menghasilkan berbagai jenis seperti ayam Magon (pama-saigon), MaThai (pama-thai) dan nama-nama lain. Ayam Pama mempunyai jenis permainan yang bisa dibilang unik dimana tingkat akurasi/ ketepatan pukulannya sangat tinggi.

Pukulannya yang keras & cepat selalu mengenai bagian kepala, mata & paruh. Tehnik permainannya yang unik, dimana banyak sepak (Tembak / mranggal) dan devensif susah masuk belit selain tidak makan pancing (Lock) telah banyak menyebabkan ayam dari jenis Bangkok (Thai) yang terkenal dengan super lock harus sering tersungkur di dalam gelanggang. Evolusi Pama telah berlaku di Thailand di mana hampir 90% darah ayam Aduan mereka yang masuk arena gelanggang aduan di sana kini merupakan turunan dari darah ayam Pama.

Ayam Phama, Birma, Bhama Adalah 1 Jenis Ayam Yang Sama
Foto Instagram birma ori

Bagaimana Menurut Saudara Sehobi?
Tulis di kolom komentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel