Ayam Sehat dan Bertenaga Modal Lima Ribu Rupiah, Ini Cara Buat Kemin Murah Meriah

Merawat kulit dan bulu ayam laga adalah hal yg sangat diperhatikan oleh peminat ayam laga dan ayam aduan di negeri asalnya, Thailand. Salah satu teknik yang digunakan ialah pemakaian KEMIN yg membuat warna bulu menjadi kuning, dimana pemakaian KEMIN ini menjadi salah satu karakteristik ayam laga IMPORT pribumi dari Thailand.

Pemakaian kemin tidak hanya mempertebal kulit sahaja, sebenarnya kemin pun bertujuan guna mempermudah peredaran udara pada bulu ayam.

Kulit ayam yg tidak memiliki kelenjar keringat dibagi menjadi 2 bagian sangat penting yaitu Epidermis dan Dermis. Epidermis adalahbagian luar dari kulit yg terdiri dari Stratum Germinativum dan berikutnya Stratum Corneum. Stratum corneum adalahbagian kulit sangat luar yang terdiri dari sel yg pipih, mengeras dan disertai sejumlah sel yg mati.

Alasan ayam dikemin ialah sesuai dengan guna kemin tersebut sendiri yaitu guna kesehatan kulit ayam dimana bulu tersebut tumbuh menancap,juga menghindari penyakit kulit dan kutu.

Bulu ayam memblokir seluruh tubuh sebetulnya bermanfaat untuk mengawal suhu badan dari udara dingin, khususnya bulu halus yg menyelimuti semua tubuh, sementara bulu sayap dan bulu ekor sebagai perangkat terbang dan kemudi. Pada ayam laga, bulu halus diolah fungsinya sebagai perangkat pendingin, bukan sebagai penjaga suhu tubuh supaya keseimbangan suhu tubuh ayam laga bisa terjaga dan tidak terbuang keluar.

Sebagai yang sudah diinformasikan di atas, destinasi pemberian kemin ialah utk mempertebal kulit, pemberian kemin dapat dilaksanakan dengan mencampurkannya dengan kapur sirih sampai-sampai dapat memberikan hasil yang cukup maksimal. Selain tersebut pemberian kombinasi ramuan ini pun ditujukan guna melarutkan lemak yg terdapat pada bulu halus yg menutupi tubuh ayam, sampai-sampai air akan gampang menyerap saat bulu diairi dan pun mudah menguap saat suhu tubuh bertambah seiring dgn meningkatnya kegiatan tubuh saat ayam laga diadu.

Ayam akan mengeluarkan pernapasan paling cepat saat merasa kepanasan, hal ini dilakukan untuk mengeluarkan panas tubuh, sebab ayam tidak memiliki kelenjar keringat. Pembuangan lemak pada bulu halus tubuh ayam bakal mempermudah sirkulasi udara yg berisi uap panas dari badan ayam ke udara. Dengan tanpa hambatan lemak yg mengayomi bulu halus ayam, maka akan paling membantu untuk ayam laga guna menurunkan suhu tubuhnya dan akan menciptakan ayam tidak terlampau terengah-engah saat bertarung.

Dipasaran harga kemin mahal,sekitar Rp. 50.000 per botol plastik ada model khemin yang dibakar dulu baru kasih air dan kalau kena tangan pun berbekas kuning cukup lama hilangnya. Pemberian ke ayam pun harus telaten pelan-pelan pada kulitnya, kalo terkena bulu jadi tebel kemudian lusuh meski hasilnya kulit memang tebal.

Ada beberapa penghobi yang suka arak gosok ajah sebab simple tidak berbekas, kena bulu tidak masalah hasilnya juga sama dengan kemin. Arak bisa langsung dioleskan tanpa kemin. Caranya dgn mengoleskan/menggosokan ke kulit ayam pakai kuas kecil atau pakai kain. Tapi arak gosok untuk pegal-pegal dan memar.

Cara Membuat Kemin Mudah, Murah dan Praktis

Bahan yang digunakan untuk membuat Kemin
1. Serbuk kunyit
2. Daun Sereh direbus / Arak
4. Kapur Sirih halus

Caranya kunyit atau kunir di tumbuk jika mau lebih praktis beli kunyit bubuk di pasar di campur dengan kapur dengan perbandingan 1:1 kemudian dicampur dengan air rendaman sirih (penghilang kutu ayam) sesuaikan dengan campuran kunyit dan kapur tapi jangan terlalu encer.

Nah, untuk mempertebal kulit coba daun sereh di rebus bersama jahe, bagus untuk mempertebal kulit dan mengegarkan ayam sehabis latihan fisik dan abar. Kalau jahe mahal lebih praktisnya daun sereh saja sudah bagus.

Nah untuk Arak bisa macam-macam, bisa arak yg dijual di toko obat cina. Bukan pula arak yg terasa panas di kulit. Pakailah arak yg terasa dingin. Untuk merknya macam salah satu yg cukup dikenal : Lo Ban Teng.

Gunakan sikat gigi baru atau bekas untuk meratakan kemis dibagian kepala, dada, punggung, kaki dan kulit sayap bagian dalam.

Membuat Kemin Sendiri Modal 5000 rupiah, mudah, praktis dan bermanfaat

Bahan yang Perlu dipersiapkan
- kunyit
- jahe
- teh
- kapur sirih

Beli di warung atau pergi ke pasar beli kapur sirih 1 ons, kemudian lanjut beli kunyit 3 ons dan beli juga jahe 1 ons

Kemudian Kunyit dan jahe di kupas lanjut di belender sampe halus dgn campuran air teh panas yg tebal

Selanjutnya hasil blender campurkan dan aduk rata dgn kapur sirih sampe rata dinginkan,setelah dingin bisa di pake langsung ke ayam ayam kesayangan anda.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel