SEBELUM BELI / MEMELIHARA, INI 6 JENIS RAS AYAM ASEEL/ASIL ASLI YANG SESUNGGUHNYA DAN WAJIB DIKETAHUI

Sebelum membeli atau memelihara ayam Aseel sebaiknya anda tahu dulu apa itu Ayam Aseel yang benar-benar bisa dikatakan Ras Asli. Sudah banyak orang yang mengakui bawha ayam Aseel ialah salah satu jenis ayam petarung yang sangat digemari oleh semua orang terutama yang suka bermain ayam yang berasal dari negara Pakistan atau Asia bagian Selatan, namun tahukah bahwa ayam Asel ini terbagi menajadi enam ras hingga saat ini dan mungkin salah satu dari enam ras tersebut menjadi pilihan anda.

Ayam Aseel merupakan seekor ayam petarung sejati yang berasal dari dataran India dan Pakistan yang telah ada di dunia selama 1500 tahun sebelum masehi. Bisa dikatakan Ayam aseel sebagai buyut nenek moyang dari tipikal ayam petarung dan dari beberapa informasi yang didapat ayam jenis aseel sanggup berkelahi sampai 2 jam tanpa jeda pengairan.

"Lalu apa saja Jenis Ayam Aseel Asli yang Wajib Anda Ketahui?".

Berikut Enam Jenis Ayam Ras Murni Ayam Aseel yang Sebaiknya Anda Ketahui:


1. Ayam Sindhi Aseel
Sindhi Aseel atau Sindhi Asil adalah jenis ayam yang berasal dari sindh (salah satu dari 4 provinsi utama Pakistan). Ayam ini, atau ayam adu, tercatat tinggi, berat dan pandai bertarung, jadi mereka dikembangbiakkan terutama untuk kokpit/gamecock/laga ayam. Ayam ini dicirikan oleh tubuh berotot tetapi padat, bahu lebar, sayap terbentur tubuh, bulu pendek dan keras, ekor terkulai, paruh melengkung besar mirip dengan elang, sisir kacang, dan tidak ada pial.

Lihat Gambar Ayam Aseel Jenis Shindi Aseel Yang Asli atau Original Aseel;

Ayam Aseel Ori Shindi Aseel/Asil
Ayam Aseel Ori Shindi Aseel/Asil


2. Indian Rampuri Aseel

Mengenai Rampur Asil hitam dan nama awalannya Siyah. Ungkapan Siyah aslinya berasal dari bahasa Persia dan artinya -hitam-. (kata Siyah juga telah diadopsi ke dalam bahasa Turki). Rampur karena beberapa orang tahu atau tidak tahu adalah sebuah kota di negara bagian Uttar Pradesh (India timur laut). Rampur dan di bawah pemerintahan Muslim.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semua ayam Asil yang warna hitam adalah Rampur Asil namun nyatanya tidak demikian. Reza Asil juga berwarna hitam ditemukan di seluruh India utara (termasuk Pakistan dan Bangladesh).

Bahwa Asil yang berwarna hitam dari Rampur mencapai popularitas adalah karena itu disebabkan oleh buku catatan Herbert Atkinson dan penerbitan Carlos Finsterbusch. Atkinson mengatakan -A STRAIN- dari Rampur memiliki nama yang bagus. Dia tidak menyebutkan -HARGA ASIL HITAM DARI RAMPUR- Pokoknya saya telah memindai bagian-bagian Rampur yang dicetak dalam "Sabung ayam & Gamefowl - notebook Herbert Atkinson" (1977) oleh Nimrod press (Inggris) dan "Sabung ayam di seluruh Dunia" (1929) ) oleh Carlos Finsterbusch (Chili).

PS Orlando, yang saya temukan adalah ini. Pada tahun 1978 Asil telah diimpor oleh dua peternak Amerika bernama Darby dan Hall. 

Garis darah Rampuri murni ini berasal dari keturunan Lee (Terlambat), Mr. Lee adalah orang yang sangat terkenal di seluruh India, Dia mengambil keturunan ini dari Nawabs dari Rampur sejak lama .. dan membreding dalam bentuk murni, lalu ayam ini dipindahkan trah ini ke putranya, Tn. Leeson, Sekarang ayam Insian Rampuri Aseel ini berada di Calcutta di tangannya dan tinggal sangat sedikit.

Lihat Gambar Ayam Aseel Jenis Indian Rampuri Aseel Yang Asli atau Ori:

Ayam Aseel Asli Ras Indian Rampuri Aseel/Asil


3. Reza Aseels

Kelompok Asil ini mencapai popularitas dunia karena buku-buku dan artikel-artikel yang ditulis oleh para ahli gamefowl seperti Herbert Atkinson, Siran dan Paul Deraniyagala dari Sri Lanka dan Carlos Finsterbusch dari Chili. Keluarga Reza Asil menurut literatur gamefowl (Barat) lama dibagi menjadi jenis berikut: (Amir) Ghan (Merah Tua), Sonatol (Merah Muda), (Siyah) Rampur (Hitam), Kalkatiya (Kaptan) (Berbintik) -Reds) dan Jawa (Duckwing). Semua strain ini diidentifikasi oleh warna spesifiknya, warna-warna ini tidak harus sesuai dengan area tempat burung berasal.

Pada masa kolonial, warna-warna lain seperti putih, spangles, emas, dll. Dianggap lebih rendah. Saat ini alunan dan nama "klasik" yang diberikan oleh Atkinson kurang lebih dilupakan. Orang-orang asli di India, Pakistan, Bangladesh dan Sri Lanka hanya mengenal Asil tipe-Reza dengan nama lokal mereka.

Lihat Gambar Ayam Aseel Jenis Reza Aseel Yang Asli yang Ori atau Asli:

Ayam Aseel Ori Ras Reza Asell
Ayam Aseel Ori Ras Reza Asell


4. Mianwali Aseel

Trah ini umumnya ditemukan di distrik Mianwali, Pakistan. Namun, sejak kedatangannya, jenis ini telah meningkat menjadi popularitas di Pakistan, saat ini jenis permainan utama yang digunakan di pit juga disukai oleh para penjudi. Ini lebih kecil dibandingkan dengan roda Sindhi dengan berat antara 1,5 dan 3,5 kg tergantung pada preferensi peternak.

Ayam ini jauh lebih cepat dan pemukul kepala yang baik biasanya Ayam Asel jenis Mianwali Aseel dalam ketinggian kecil hingga sedang. Aseel Mianwali yang baik harus membunuh lawannya dalam beberapa menit. Banyak diketahui Mianwali Aseel banyak membunuh ayam jantan yang lebih besar karena kecepatan dan ketepatannya.

Warna atau kelir ayam Mianwali Aseel dalam berbagai warna seperti Jawa (duckwing), Lakha (kemerahan), hitam dan berbagai lainnya tergantung pada kombinasi yang digunakan dalam pemuliaan.

Sifatnya sangat keras dan pejuang pemberani dengan sikap untuk menginspirasi, sangat baik bentuk kaki dan tajinya. Ada banyak sub keturunan dari jenis ini karena kombinasi yang digunakan dalam pemuliaan. Ayam Mianwali yang teruji baik biasanya memiliki keturunan dengan kualitas yang sama. Deskripsi khas adalah paruh melengkung kecil, sambungan yang kuat, warna mata mutiara / putih / kuning, gagak pendek, sisir kecil dan tidak memiliki struktur tubuh yang berat. Mungkin terlihat lebih kecil dari ras lain tetapi sangat lincah.

Lihat Gambar Ayam Aseel Jenis Mianwali Aseel Yang Asli yang Ori atau Asli:

Ayam Asil Ori Mianwali Aseel
Ayam Asil Ori Mianwali Aseel


5. Ras Lassani aseel
Peternak Aseel Pakistan telah mengembangkan berbagai varietas aseel yang berbeda. Tapi salah satu jenis yang paling langka adalah jenis yang mereka sebut Lassani Aseel. Mereka adalah burung ukuran sedang dengan serangan kuat untuk memberi mereka gelar pemecah leher. Trah ini memiliki parrot khas seperti paruh dan ukuran leher kecil.

Tidak seperti mianwali, mereka memiliki gaya bertarung tertentu. Mereka tidak suka melompati lawan daripada suka mendekat ke lawan yang menyentuhnya dengan tubuh depan dan daripada menyerang leher. Jadi dalam pertarungan mianwali versus Lassani yang khas, Anda akan melihat burung mianwali mendominasi pada awalnya, tetapi begitu mereka lelah melompat-lompat dan mendarat di tanah kemudian ayam ras lasani yang agak lelah akan menyelesaikan permainan dengan beberapa pukulan di leher.

Lihat Gambar Ayam Aseel Jenis Lassani Aseel Yang Asli atau Ori

Ayam Aseel Ori Lassani Aseel
Ayam Aseel Ori Lassani Aseel


6. Ras Amroha Aseel

Asal Ini adalah jenis Aseel yang langka dan sangat diperdebatkan di Pakistan dan India. Ayam Amroha Aseel sementara berasal dari negara bagian Amroha di India, bukti dari jenis ini di India ayam ini dikatakan tetap berbahaya hingga saat ini. Sangat sedikit dari ayam jantan ini ada dalam bentuk murni mereka bahkan di Pakistan di mana berbagai kelompok pemulia aseel cenderung mengaitkannya dengan Peer Shah Alam Shah dari Mianwali.

Karakteristik Fisiologis Mereka dikenal kecil sampai sedang seperti Mianwali. Roda mata Amroha yang mengkilap dan berbulu keras dikenal karena sifat fisiknya yang bulat geometris. Bentuk wajah mereka bulat dengan paruh yang kuat itu sendiri sampai batas tertentu.

Tulang rahang di wajah mereka sedikit terangkat dan mata seperti wajah manusia seperti alis menonjol dengan sedikit tertutup dan sempit. Karakteristik lain yang biasa adalah leher bulat tebal mereka sedikit terangkat dalam posisi ular kobra terutama ketika mereka dipegang di tangan. Warnanya biasanya hitam breasted, merah, atau hitam, cokelat tua (warna kurma).

Karakteristik lain yang mungkin disebabkan oleh perkawinan sedarah yang berat adalah ukuran kaki mereka yang kecil. Biasanya mereka memiliki panjang kaki yang sangat kecil sekitar 3 cm dengan kaki kecil. Adapun berat badan mereka membuat klaim yang berbeda biasanya dalam bentuk murni mereka kecil tetapi berat dengan struktur tulang yang tebal (Seperti anjing Pit-bull) mencapai 2 kg berat tergantung pada pakan. Ekor dan sayap mereka memiliki bulu putih. mata Amroha sangat indah untuk dilihat.

Mereka lebih banyak bicara dan menghasilkan lebih banyak suara daripada roda lainnya. Menetaskan ayam Amroha akan menetas 9 hingga 12 telur yang mereka bertelur di bulan Maret hingga April dan biasanya pada bulan September juga. Sebuah palka yang sukses akan membuat ayam Amroha sibuk selama setidaknya enam bulan kadang-kadang bahkan sampai anak ayam jantan berkokok. Mereka sering akan menetas identik dengan induknya.

Lihat Gambar Ayam Aseel Jenis Amroha Aseel Yang Asli atau Ori:

Ayam Asiil Ori Amroha Aseel
Ayam Asiil Ori Amroha Aseel


Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://sheikhahmedaseels.wordpress.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel